Monday, April 29, 2013

ironi negeri ini

hmm, 2hari ini, gue ketemu sama kejadian2 yang gak biasa bagi gue... tentang kerasnya negeri ini. kerasnya hidup, mencari nafkah di negeri ini.. kerasnya, tinggal di negeri yang udh mulai lupa sama tata krama, yang udah mulai egois, yang nyelesein masalah dengan masalah baru. gue prihatin banget... nih gue beberin apa yang gue liat :

tadi pagi, waktu berangkat sekolah.. gue kan mau nyebrang, nunggu angkot di suatu pangkalan gitu, eh lewat tuh angkot ** yang emang itu bukan rute dia sih... terus ada yang mau naik, nah itu angkot kayanya belum tau 'peraturan' nya deh, jadi dia malah berenti dan ngebiarin orang yang nunggu angkot kaya gue gitu naik... yang jaga itu pangkalan kan ga terima gitu, mungkin karena angkot ** ada jadi ngurangin jumlah penumpangnya. itu angkot di pukulin sama yang jaga, di teriak2in di marah2in... dan angkot itu pergi kan, takut...

eh tiba2 penjaga yang satu lagi, lari ngejar itu angkot **, dan lu tau dia bakalan ngapain?? dia nonjok supir angkot **!!!! gilak emang, orang si supirnya lagi nyetir, kalo nabrak gimana coba?? itu angkotnya sampe sempet oleng gitu lu bayangin... lu nyaksiin itu live langsung... gaabis pikir gue ama yang mukulin. sumpah tadi gue kesel banget ngeliat kejadian kaya gini. pengen gue pukulin balik tau ga!! tapi gaboleh, gaboleh nyelesein masalah pake masalah.

apa gaada cara lain, bang?? ya gue tau lu pasti marah, kesel, tapi kenapa ga kompromi baik2 sih??
ya, gitu manusia sekarang. egois. plus anarkis. mungkin karena terhimpit tekanan ekonomi kali, ya.
gila banget, serem gue hidup di negeri kaya gini. ironis.

terus, kemaren. gue ke jakarta, nengok tetangga ke rs. kalo orang di kota gue sendiri aja udh serem kaya cerita gue diatas, orang jakarta ini makin serem lagi. nyeremin tingkat egoisnya.
punya mobil, kalo parkir seenak jidat sendiri. dikira jalan punya situ doang apa? ada pejalan kaki, sepeda motor... pantes aja jakarta macet mulu. ya seengganya parkir rada minggir lah, jadi akses jalan juga gak terhambat. kadang motor juga suka asal, gak di jakarta aja sih, di bogor juga. asal nyalip, nyalip, tapi teh ga tau aturan. kalo mobil mau belok ke kiri terus yang bawa motor nyalip dari kiri juga gimana? wadooh gawat, nyawa bisa melayang sia2 kan??

gue ngomong kaya gini bukan berarti gue udh sempurna, tentu gue gak sempurna. tapi, ayolah coba, kita turunin tingkat keegoisan kita, kita pikirin nasib orang lain juga. manusia itu makhluk sosial yang ga bisa hidup sendiri kan? kalo gitu berarti kita juga harus peduli sesama, ya gak??

gue juga ngomong kaya gini supaya gue belajar, untuk ga ngelakuin hal2 kaya gitu. dan gue harap, gue, kalian, dan kita, bisa jadi generasi yang mencerminkan budaya saling tolong menolong, untuk mengubah negeri kita yang miris ini. amin....





No comments:

Post a Comment